Sehari di Hiroshima


Hiroshima dan Nagasaki sangat terkenal di pelajaran sejarah saat gue sekolah dulu. Bom atom pertama yang ditujukan untuk membunuh manusia dijatuhkan di dua kota ini. Sejak kecil gue selalu berpikir kenapa orang mencuri ayam ditangkap dan dihukum sementara ini membunuh ratusan ribu manusia tidak tersentuh hukum. Well, I guess I will never get the answer I expected

Anyway setelah lama menyimpan rasa penasaran menyaksikan bagaimana kota yang hancur lebur 72 tahun lalu akhirnya bisa dibangun kembali, di trip kali ini gue akhirnya punya kesempatan untuk mengunjungi Hiroshima. Namun karena waktu yang terbatas, maka gue cuma punya waktu sehari untuk berkeliling di kota Hiroshima. 

Trem di tengah kota Hiroshima
Suasana kota Hiroshima


Why Hiroshima? Karena kota ini lebih mudah dan dekat untuk dikunjungi kali ini dibandingkan Nagasaki, karena sebelumnya gue akan mengunjungi Kyoto. Kyoto-Hiroshima bisa ditempuh dalam waktu 2 jam menggunakan Shinkansen atau kereta cepat. Sementara ke Nagasaki membutuhkan waktu yang lebih lama.

Pemandangan kota Hiroshima dari atas Hiroshima Castle
Gue sampai di Hiroshima Station sekitar jam 10.30 pagi. Walaupun apartemen tempat gue menginap gak terlalu jauh dari Hiroshima Station, tapi aturannya memang baru bisa check in setelah jam 3 sore, jadi gue harus menitipkan koper dulu di coin locker. Caranya bisa baca di sini. Setelah itu baru gue mulai keliling. 

Di sini tersedia city tour bus yang keliling ke hampir semua obyek wisata utama di dalam kota Hiroshima. Ada 3 rute bis, yaitu Green, Orange, Lemon. Orang dan Lemon mirip namun ada sedikit perbedaan di mana Orange melewati Museum of Contemporary Art, sementara Lemon gak lewat. Green agak berbeda rutenya. Ada beberapa bus stop yang dilewati ketiga rute tersebut, jadi kalo di tengah-tengah mau pindah rute ya bisa aja. Contohnya gue, karena gak terlalu ngerti dengan so called art, gue sih skip semua art museum hahaha. Oya, kalau pakai JR Pass, city tour bus ini gratis. Kalo gak pake, ongkosnya 200 JPY sekali naik atau 400 JPY untuk one day pass. Petanya bisa didapat gratis di tourist information di Hiroshima Station.

Chugoku-jrbus.co.jp
Secara umum kota Hiroshima termasuk kota modern. Bangunannya lebih baru dibandingkan Kyoto, misalnya. Sebagian besar bangunan memang dibangun atau direnovasi setelah hancur terkena bom tahun 1945, termasuk Hiroshima Castle. Transportasi juga mudah, seperti bis kota, trem, dan tentu saja taksi. Kalo mau naik sepeda atau jalan kaki juga cukup nyaman karena pedestrian dibuat lebar dan mulus. 

Untuk hotel atau apartment (AirBnB), gue prefer daerah di sekitar Hiroshima Station karena lebih dekat ke mana-mana apalagi kalau bawa koper dan tas berat. Atau kalau tinggal agak lama di Hiroshima bisa juga cari penginapan di sekitar Hondori karena dekat dengan monumen bom atom atau sekalian tinggal di Nagarekawa, pusat perbelanjaan dan hiburan malam di Hiroshima. 

Menurut gue sehari sudah cukup untuk explore kota Hiroshima, namun kalau mau tinggal lebih lama dan explore lebih dalam juga lebih baik. Kotanya cukup nyaman untuk ditinggali. 

Soal makanan, Hiroshima gak terlalu berbeda dengan kota-kota lain di Jepang. Ramen, donburi, udon semuanya enak. Namun ada satu makanan khas di Hiroshima. Namanya Okonomiyaki. Kebetulan salah satu teman memberitahu gue di Path. Jadi gue coba cari di daerah Hondori. Okonomiyaki di Hiroshima adalah semacam omelet mie yang sering gue buat dulu pas masih kuliah dan kos hahaha. Jadi mie direbus lalu ditiriskan, lalu dicampur dengan adonan telur dan sayuran, lalu ditambah daging/udang/ikan/cumi, lalu digoreng. Disajikan dengan kecap, saus pedas, dan keju yang dilelehkan di atasnya. Enak sih. Semacam nostalgia masa muda hahaha. 

Ini beberapa obyek wisata dan biaya masuknya:

1. The A-Bomb Dome —> Free

2. The Peace Memorial Park —> Free

3. Hiroshima Peace Memorial Museum —> 200 JPY

4. Shukkeien Garden —> 260 JPY

5. Hiroshima Castle —> 370 JPY

6. Hiroshima Prefectural Art Museum —> 510 JPY

7. Hiroshima Museum of Art —> 1000 JPY

8. Hiroshima City Museum of Contemporary Art —> 370 JPY

9. Futabanosato Hisyorical Walking Trail —> Free

10. Hiroshima Toshogu Shrine —> gak tau

Hiroshima Castle

Hiroshima Castle

The A-Bomb Dome
The Peace Memorial Park

The Peace Memorial Park

Sesi pemotretan pre-wedding di Shukkeien Garden
Shukkeien Garden

Shukkeien Garden
Khusus untuk cerita tentang bom atom di Hiroshima, nanti akan gue tulis ceritanya setelah ini

Kalo teman-teman mau ke Hiroshima dan ada yang ingin ditanyakan kontak aja via email ya, mudah-mudahan gue bisa jawab 🙂

4 comments

  1. Kastilnya cakep dan khas Jepang. Gak nyangka juga pasca bom atom, Hiroshima jadi kota secakep ini. Kayaknya harus distrerilkan sekian tahun dulu ya bang hingga kemudian sisa nuklirnya hilang baru boleh ditinggali.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s