IIMS 2013, Pameran Mobil-Mobil Murah


IIMS 2013, Pameran Mobil-Mobil Murah
(Written: Friday, September 27, 2013)

Awal minggu ini saya datang ke IIMS (Indonesia International Motor Show) di JIExpo Kemayoran. Seperti biasa, ramai, megah, mahal, dan menyenangkan. Lalu apa yang berbeda? Walaupun mobil konsep, mobil mewah, pamer teknologi, masih ada, tetapi tetap mobil murahlah yang menjadi bintang di pameran kali ini. IIMS tahun ini merupakan arena perang bagi produsen mobil-mobil murah yang akrab disebut LCGC. IIMS yang biasanya tidak terlalu berorientasi pada penjualan, kali ini terlihat jelas persaingannya untuk menjual mobil-mobil murah tersebut. Sebagai informasi, selama pameran berlangsung tercatat 19.367 mobil terjual. Angka ini adalah 17% dari total penjualan mobil nasional selama bulan September 2013.

Walaupun wacana LCGC sudah ada sejak tahun lalu (bahkan Toyota-Daihatsu sudah siap memproduksinya sejak akhir tahun lalu), tapi pemerintah memang baru mengeluarkan aturan resminya bulan Mei lalu. Dan juklaknya baru keluar bulan ini. Jadi produsen mobil baru bisa mulai menjual mobilnya bulan ini, bertepatan dengan digelarnya IIMS 2013.

Apa sih LCGC itu? LCGC = Low Cost Green Car. Dengan bahasa yang lebih sederhana, LCGC adalah mobil murah dengan teknologi yang berwawasan lingkungan. Tapi aturannya ternyata tidak sesederhana itu. Antara lain: kapasitas mesin maksimal 1200 cc, kandungan lokal minimal 40% (dan 80% sampai tahun kelima), konsumsi bbm 1 liter untuk menempuh jarak minimal 20 km, rendah emisi, dan harga maksimal 120 juta rupiah. Jika produsen sudah memenuhi aturan-aturan tersebut, maka mereka akan mendapatkan insentif berupa potongan bea masuk (PPnBM). Ini yang memicu para produsen untuk beramai-ramai memproduksi LCGC ini.

Produsen yang sudah menyatakan ikut dalam program LCGC ini adalah Toyota dengan Toyota Agya, Daihatsu dengan Daihatsu Ayla, Honda dengan Honda Brio Satya, Nissan dengan Datsun Go, dan Suzuki dengan Suzuki Karimun Wagon R. Agya-Ayla sudah mulai diproduksi dan didistribusikan ke customer September ini, Brio Satya dan Karimun Wagon R mulai bulan Oktober, sementara Datsun Go yang merupakan satu-satunya LCGC yang mengeluarkan 2 model (hatchback dan MPV) mulai Maret tahun depan.

Peluncuran beberapa LCGC tersebut juga menuai banyak kecaman. Macet yang makin parahlah yang menjadi alasan banyaknya pihak yang menentang adanya LCGC. Saya tidak setuju dengan anggapan tersebut. Penjelasannya baca disini. Lalu ada juga yang membandingkan LCGC dengan mobnas yang juga tak kunjung diluncurkan. Ini pun saya tidak setuju. Penjelasannya baca disini. Sebagai tambahan, walaupun Agya-Ayla adalah mobil dengan merk Jepang (Toyota-Daihatsu), namun desainnya dibuat oleh orang Indonesia asli. Cukup nasionalis kan? Coba lihat logo di mobilnya. Rata-rata menggunakan logo yang khas Indonesia, seperti burung Garuda dan bunga melati.

Bagi saya, diluncurkannya LCGC oleh beberapa produsen kendaraan ini akan menggairahkan industri mobil nasional, membuka banyak lapangan pekerjaan, dan ikut berperan untuk memutar roda ekonomi nasional. Siapa tau kelak kita bisa juga mengekspor LCGC ke negara-negara tetangga. Kita tunggu.

Ini adalah beberapa foto dari IIMS 2013

20130927-101205.jpg

IIMS tidak pernah lepas dari SPG. And below are some of them. The best ones

20130927-101228.jpg

And below are my favourite ones this year

20130927-101217.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s