More Difficult Life


Percaya nggak kalo gue bilang hidup sekarang jadi tambah sulit, apalagi dibandingkan dengan hidup saat gue masih kecil. No, ini bukan soal umur.

Dulu kita makan 4 sehat 5 sempurna baik-baik aja, sekarang makan nasi putih katanya gak sehat, makan sayuran hijau katanya asam urat, makan daging katanya kolesterol, makan buah katanya kebanyakan gula, minum susu katanya susu sapi untuk anak sapi. Maka dari itu sekarang makan harus nasi merah atau nasi hitam yang lebih mahal, sayuran dan buah harus organik. Susu? Diganti sumber kalsium dan protein lain. Blom lagi yang maksa-maksa harus jadi vegan. Makin susah kan?

Dulu yang namanya diet cuma ngurangin makan, sekarang ada diet karbo, intermittent fasting, paleo diet, detox. Pusing kalo mau diikutin semua hahaha.

Dulu kalo hari raya gantian ngucapin selamat, gantian kirim kartu ucapan, bahkan gantian saling mengunjungi dan menjamu di rumah masing-masing. Sekarang semuanya berubah. Ngucapin haram, gak ngucapin dibilang intoleran. Harus dipelajari dulu orang-orang yang mau diberi ucapan, apakah mereka tipe 1 atau tipe 2. Menjamu? Boro-boro. Arisan RT di rumah nyokap aja kaga ada yang nyentuh makanan ringan yang disediakan, gara-gara takut haram karena beda agama. Terpaksa kalo ketempatan arisan, nyokap nitip ibu depan yang berjilbab untuk beliin makanan ringan biar ibu-ibu lain merasa aman makan hidangannya.

Dari dulu kalo makan di luar ya diberesin seperlunya. Sekarang harus ditumpuk di tengah atau dibalikin ke tempatnya. Ya gak apa-apa sih, bagus-bagus aja, tapi gak perlu juga dipermalukan di media sosial. Jadi makin susah kalo makan di luar, harus mikir ini masuk kategori dibalikin atau kategori cukup ditumpuk di tengah, harus liat kiri kanan ada netijen julit atau ngga, biar nggak dibully online.

Dulu kalo bilang ‘kamu cantik’, artinya ya kamu cantik. Sekarang kalo bilang ‘kamu cantik’ artinya merendahkan perempuan soalnya perempuan itu gak boleh dinilai dari cantiknya aja, tapi juga dari pencapaiannya. Tapi kalo bilang ‘kamu sukses ya’ bisa jadi disalahartikan bahwa dia dikira gak cantik. Pusing.

Dulu kalo sambutan cuma ngomong selamat pagi atau Assalamu’alaikum aja. Sekarang kalo sambutan harus bilang: Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam Sejahtera, Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan, Selamat Pagi. Kepanjangaaaaan kalo cuma biar dibilang toleran 😭😭

7 comments

  1. Ahahay… Bener banget, mas… Sekarang banyak yg dikit2 merasa “offended” cuma gara2 hal simpel. Walhasil meribetkan hidupnya sendiri & manusia2 sebangsanya hahaha

    Like

Leave a Reply to Henrina Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s