Enjoying Amsterdam Palace


Seperti sudah saya janjikan di tulisan sebelumnya, sekarang saya mau cerita sedikit tentang Amsterdam Palace.

Seperti namanya, Amsterdam Palace adalah istana bagi keluarga kerajaan Belanda. Lokasinya tepat di Dam Square, dekat dengan Red Light District (kalo ke Amsterdam pasti mampir ke sini kaaan 😁). Dan seperti kerajaan-kerajaan lain di dunia, Amsterdam Palace ini bukanlah satu-satunya istana yang dimiliki keluarga kerajaan Belanda. Bangunan berusia lebih dari 360 tahun ini awalnya adalah merupakan city hall dan saat ini hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu saja, seperti menerima kunjungan pemimpin negara lain dan perayaan-perayaan istana lainnya.

Istana biasanya dibuka untuk umum, namun pada saat ada kunjungan keluarga kerajaan, otomatis akan ditutup. Kapan waktunya? Tidak tentu, untuk itu sebaiknya kita konfirmasi dulu sebelum berencana mengunjunginya, bisa cek melalui websitenya juga. Walaupun dibuka untuk umum, tetap saja tidak semua bagian bisa dikunjungi. Ada beberapa ruangan yang sama sekali tidak dibuka dan ada beberapa ruangan yang hanya boleh dilihat dari luar tapi tidak boleh dimasuki.

Secara umum istana terlihat seperti bangunan gereja tua yang megah dan sangat terawat. Di depan istana terdapat alun-alun yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Karena memang Belanda merupakan negara bebas, maka alun-alun ini juga sering digunakan sebagai tempat unjuk rasa. Namun tidak ada aksi anarkis seperti beberapa unjuk rasa di Monas, misalnya.

Istana dibuka tiap hari jam 10pagi hingga jam 5 sore (kecuali hari Senin) dengan harga tiket masuk 10 Euro. Saat akan masuk ke dalam, kita harus menitipkan hampir semua bawaan kita, kecuali kamera dan ponsel (ingat, tidak boleh menggunakan flash saat mengambil foto di dalam istana). Menurut saya memang gak perlu bawa apa-apa sih, biar kita lebih enak keliling-keliling dan foto-foto di dalam istana. Setelah menitipkan barang bawaan, kita bisa masuk ke dalam istana. Di pintu masuk jangan lupa untuk mengambil audio tour guide, biar nanti lebih enak mendengar penjelasan mengenai ruangan-ruangan di dalam istana.

This audio tour guide is the best thing here for me. Audio tour guide tersebut didesain sangat simple. Bentuknya seperti ponsel kecil (mirip remote TV juga sih hahaha). Di tiap ruangan di dalam istana, terdapat guide station. Kita tinggal mendekatkan alat tersebut ke station yang ada, lalu kita tekan tombol start, lalu alat didekatkan ke telinga seperti menjawab telepon, nanti secara otomatis akan terdengar penjelasan detail mengenai ruangan tersebut. Di station terdapat 3 pilihan. Jika kita mendekatkan alat ke pilihan paling atas, maka akan terdengar penjelasan yang formal ala wikipedia. Jika kita mendekatkan alat ke pilihan tengah, maka akan terdengar penjelasan dalam bentuk dongeng (once upon a time, dst). Jika kita mendekatkan alat ke pilihan paling bawah, akan terdengar penjelasan dalam versi anak-anak. Semuanya dalam Bahasa Inggris. Jadi semua pengunjung yang berkeliling istana terlihat seperti sedang menelepon hahaha.

Penjelasan yang diberikan sangat detail, dari sejarah benda-benda yang ada di ruangan yang kita datangi, sampai ke penggunaan ruangan tersebut. Dari penjelasan tentang sejarah dan makna lukisan hingga arti dari patung-patung yang tersebar di seluruh istana. Bagian favorite saya adalah balkon yang menghadap langsung ke alun-alun di depan istana. Saya membayangkan saat ada anggota kerajaan yang menikah atau penobatan raja/ratu baru, mereka tampil di balkon ini dan menyapa rakyatnya yang berkumpul dan menunggu di alun-alun. Total waktu yang diperlukan untuk mengelilingi istana ini sekitar 1-2 jam saja.

Jadi, kalau sedang jalan-jalan ke Amsterdam, jangan lupa mengunjungi Amsterdam Palace, ya

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s