The Destination or The Journey?


Alert: bukan untuk Rangga fans club 😝

Udah nonton AADC2 kan? Saat Rangga & Cinta ada di gereja ayam menunggu fajar, ada dialog yang mengganggu gue. Kira-kira ini cuplikannya: 

Rangga: itulah bedanya liburan sm traveling. Liburan itu tau mau kemana, tidur dimana, semua terencana, klo traveling itu lebih spontan, penuh risiko, yang kita nikmati itu prosesnya bukan hasilnya.

Cinta: it’s the journey, not the destination gitu ya? 

Buat gue, Rangga itu manis banget ke Cinta. Bisa-bisanya dia aja ngomong hal-hal yang manis dan ideal ke Cinta. But he’s a liar. Dia udah tau kalo pemandangan dan pengalaman di atas gereja itu luar biasa indah, makanya dia ngajak Cinta ke situ. Obviously dia udah ngerencanain semuanya dong. Gak spontaneus. Sampe sewa mobil segala kok. Jadi kalo menuruti omongan Rangga, saat itu mereka bukan lagi travelling tapi lagi liburan. LOL

Anyway, kalo lo pernah baca tulisan-tulisan gue yang lalu, gue gak setuju untuk mengkotak-kotakkan antara travelling dan liburan, antara turis dan traveller, dll. It’s just a matter of style. Kenapa? Karena tiap orang kebutuhan dan kondisinya berbeda-beda. Ada yang dana dan waktunya terbatas, jadi memang butuh perencanaan yang matang untuk travelling atau liburan. Namanya juga kesempatan yang jarang didapat, jadi harus maksimal dong menikmatinya. Ada yang masuk golongan ‘so damn rich‘ jadi bebas-bebas aja kalo mau travelling atau liburan. Berangkat kapan aja gak pake rencana, nginepnya ntar aja liat di sana, toh paling jelek bisa cek in di hotel mana aja, kalo kira-kira tempatnya gak asik ya pulang aja atau pindah tujuan ke tempat lain. Dan seterusnya. Jadi ya sekali lagi sesuai kebutuhan aja, gak perlu dikotak-kotakin.

Tapi gue lebih gak setuju lagi jika ada statement yang menyatakan bahwa ‘the destination‘ itu kalah penting sama ‘the journey‘. Just like our life, we need to set the destination then enjoy the journey. Both are important! 

Analoginya mirip dengan kerjaan. Target dan proses sama pentingnya. Sesempurna apapun prosesnya, mau gak mau tetep aja ada target yang harus dicapai. 

Ini juga gitu. Tentuin dulu lo maunya ke mana. Baru nanti pas ke sana nikmati perjalanannya. Jangan asal pergi dong. Kebayang kalo Rangga gak tau pemandangan di atas kayak apa dan pas mereka di atas gereja ayam itu ternyata pemandangannya cuma daerah kumuh atau kali yang penuh sampah. Yakin si Cinta gak tambah bete walaupun ‘journey‘-nya menyenangkan? Pasti Rangga sebelum ngajak ke sana udah tau laaaaah 😝

Kalo mau jalan-jalan, gue selalu punya destination target. Misalnya mau ke Beijing. Gue harus ke Forbidden City dan Great Wall. Ya gue rencanakan kapan waktu yang pas untuk ke sana (gue gak suka panas-panasan btw :p), sesuaikan dengan musim tiket murah dan waktu cuti yang disetujui bos, lalu cari hotel yang lokasinya pas dan masuk budget. Gak mungkin buat gue cari-cari hotel langsung di sana, bisa-bisa waktunya abis buat muter-muter gak jelas. Sisanya ya enjoy the journey pas di sana. Nyobain makanan lokal. Mengunjungi tempat-tempat yang menarik. Nongkrong dengan masyarakat setempat. Dan seterusnya. Tapi tetep aja harus ke Forbidden City dan Great Wall. Kan itu destination utamanya. 

Tapi gue gak boleh judgemental juga sih. Ada banyak orang yang sangat spontaneus. Mungkin Rangga juga gitu dulu sebelum akhirnya tahu ada lokasi bagus dan datang (lagi) bawa Cinta ke gereja ayam. Tapi kan dia di NY udah 14 tahun dan gak pernah pulang. Trus dulu perginya kan pas lulus SMA tahun 2002. Trus gereja ayamnya kan konon baru selesai dibangun sekitar tahun 2000. Jadi Rangga pergi ke sana antara 2000-2002 pas masih SMA. Trus dulu dia gak pernah diceritain suka jalan-jalan, sukanya cuma nulis puisi aja. Trus kapan dia ke jogjanya dong? LOL

Pertanyaan buat gue: kapan ya bisa ajak Cinta jalan-jalan ke Jogja (lagi) πŸ˜‰

Photo courtesy: beres.id

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s