Lagu Natal


Awal Desember, suasana Natal sudah mulai terasa. Baik di dunia online maupun offline. Salah satu gimmick Natal yang paling terasa Natal adalah lagu-lagu Natal. Sejauh yang gue tau, ada beberapa jenis lagu Natal:

1. Lagu rohani yang menceritakan kisah Natal

Jenis ini listnya bisa panjang banget kalau ditulis. Lagu-lagunya banyak yang diambil dari lagu-lagu gereja, misalnya O Holy Night, Silent Night, The First Noel, dll. Lagu-lagu yang bercerita tentang kisah kelahiran bayi Yesus dan kejadian-kejadian yang mengiringinya. Biaanya ada juga beberapa penyanyi rohani yang menciptakan lagu-lagu Rohani baru khusus untuk hari Natal.

2. Lagu non rohani yang menceritakan suasana di saat hari Natal.

Jenis ini listnya juga bisa panjang. Biasanya menceritakan suasana di hari Natal, seperti Jingle Bells, White Christmas, It’s The Most Wonderful Time of The Year, Santa Claus is Coming to Town, It’s Beginning to Look A Lot Like Christmas, dll. Atau bisa juga menceritakan suasana hati menjelang Natal, misalnya Blue Christmas, I’ll Be Home For Christmas, All I Want For Christmas Is You, dll.

3. Lagu yang tidak ada hubungannya dengan hari Natal, dan hanya menyebutkan hari/suasana Natal sebagai setting lagu. 

Jenis ini sebenarnya memang tidak ada hubungannya dengan hari Natal, tapi menggunakan setting Natal hanya sebagai pengingat waktu, seperti Last Christmas-nya Wham atau Baby It’s Cold Outside. Tapi lagu-lagu ini terlanjur terkenal sebagai lagu Natal.

Seperti sudah diketahui, Natal sudah jadi salah satu komoditas menggiurkan di akhir tahun, termasuk industri musik. Ribuan lagu Natal berbagai jenis dan versi diluncurkan (atau diluncurkan ulang) tiap tahun. Satu lagu bisa dinyanyikan banyak penyanyi dengan berbagai versi; jazz, country, pop, bahkan rock. Tapi cuma ada beberapa yang berhasil ‘melegenda’ dan tak tergantikan. Tentu saja semua tergantung selera masing-masing orang.

Album Natal yang lagi sering gue dengerin tahun ini adalah:

1. Michael Bubble, Christmas (Deluxe Special Edition)  

 2. Michael W. Smith, The Spirit of Christmas

 

3. Ruth Sahanaya, Joyful Christmas


4. Boney M, The 20 Greatest Christmas Songs  


5. Various Artists, Putumayo Presents Acoustic Christmas  

Atau bisa juga cek playlist gue di bawah ini:

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s