Selamat Jalan Odik


“Bentol, gue pengen ke Yerusalem ntar September. Dari dulu rencana ke sana eh malah lo duluan yang pergi”

Itu yang lo bilang waktu gue pulang dari ziarah ke Holyland akhir Februari lalu. Liburan ke Holyland adalah salah satu mimpi lo sejak lama. Tapi karena ada satu dua urusan yang nggak bisa ditinggal, hingga saat ini lo belum juga bisa ke sana. Atau, lo sudah di sana sekarang?

“Bentol, kapan lagi ketemu? Cerita gue masih banyak nih. Kapan jadinye buku kita kalo gak buru-buru ditulis?”

Lo sudah bekerja sebagai flight attendant hampir 20 tahun. Pengalaman itu mau lo bagi lewat sebuah buku. Beberapa bulan lalu keinginan itu lo ungkapkan ke gue. Karena lo ngerasa kurang bisa nulis, lo minta tolong gue untuk nulisin. Sekalian latihan buat gue. Karena kesibukan kita berdua, sampai saat ini baru 5 cerita yang selesai ditulis dari rencana 30-50 cerita. Kalo nanti teman-teman lo mau bantu untuk berbagi cerita, buku itu pasti akan gue selesaikan.

“Bentol, gue udah kirim surat kuasa ke lo ya. Bantuin serah terima apartemen gue ya”

Itu lo bilang sebulan lalu. Dan Sabtu lalu akhirnya gue udah serah terima kunci apartemen lo. Sayang banget, lo belum sempat menikmati pemandangan matahari terbenam yang bagus banget dari jendela apartemen lo itu.

“Bentol, ntar sama anak-anak main ke Bangka deh. Bangka pantainya bagus-bagus. Tidurnya di villa pinggur pantai aja, atau di rumah nyokap gue juga bisa, udah pake AC lho sekarang”

Entah apa gue masih sanggup ke Bangka atau nggak setelah ini. Ke mal tempat kita biasa nongkrong aja gue rasanya udah ogah.

“Bentol, mendingan CRV th 2001 apa Xenia th 2008 kalo harganya sama?”

Typical lo banget. Nanya buat basa basi doang. Lo udah nentuin pilihan dan pertanyaan lo itu cuma mau minta dukungan aja. Kalo gue pilih yang berbeda dengan pilihan lo, yang ada malah berdebat panjang setengah berantem. Tapi pada akhirnya lo nurut juga.

“Bentol, ntar gue nebeng tinggal di unit lo ya kalo unit gue lagi renovasi. Jauh kalo bolak balik Bogor soalnya”

Boro-boro renovasi. Sekarang aja gue gak tau nasib apartemen lo gimana. Paling-paling akhirnya bakalan dijual juga. Padahal udah rencana ulang tahun lo tahun depan kita seseruan di apartemen baru ya.

“Bentol, ada investasi model baru nih. Lo cuma modal sekian juta, trus nanti sekian bulan dapat gain sekian persen”

Udah berapa kali ketipu kok gak kapok juga sih lo. Sampe hampir bosen gue ngasitau lo soal ini. Tapi anehnya rejeki lo adaaaaa aja. Satu rumah, satu rusun, satu apartemen, satu mobil, dan tabungan yang lumayan jadi bukti betapa pemurahnya Tuhan sama lo.

“Bentol, patungan modal bikin usaha tempat makan yuk. Lo modalin aja biar gue ntar yang masak. Ntar anak-anak kita paksa aja sering-sering makan di situ”

Itu keinginan lo yang paling besar yang pernah gue dengar. Lo emang jago masak. Pas Tahun Baru sama anak-anak dulu lo bela-belain belanja trus ribet masak gitu. Dan enak hasilnya. Tapi mahal hahaha

“Bentol, gue kangen terbang deh”

Ini juga typical lo banget. Kalo lagi kerja ngeluh melulu pengen liburan. Kalo lagi libur panjang ngeluh melulu pengen kerja. Hadeuh…

“Bentol, lo mau koleksi pesawat gue gak? Kalo mau lo pilih aja mau yang mana, trus lo ambil aja di rusun gue, soalnya rusun udah laku ntar keburu diangkut sama yang beli”

Koleksi miniatur pesawat lo emang banyak banget. Gue udah bilang mau pilih 1-2 buat di rumah gue. Tapi udah gak sempet lagi sekarang.

Masih banyak lagi chatting kita yang masih tersimpan di HP gue. Lo emang bawel. Bawel banget, demanding, jutek, tukang ngeyel. Tapi lo baik, perhatian sama temen, punya hati yang penyayang, dan terutama cinta sama Tuhan dan keluarga lo.

Lo gak pernah rese nyuruh-nyuruh gue ke gereja. Tapi lo juga gak pernah mau diajak jalan-jalan hari minggu karena itu waktunya lo ke gereja. Dan lo punya keinginan untuk melayani di gereja kelak. Kesaksian lo tentang kemurahan dan kebaikan Tuhan pasti akan memberkati banyak orang. Tapi sayang, itu belum sempat terlaksana.

Lo rajin bawain oleh-oleh kalo pulang terbang dari mana aja. Bawain sepatu dari Manila, bawain kaos dari Dhaka, bawain kurma dan kue-kue dari Jedah, beliin tas mandi, dan masih banyak lagi. Lo sama sekali gak pelit. Walaupun lagi gak punya uang pun lo masih mau berbagi dengan orang lain.

Lo paling rajin pake kartu kredit. Kalo lagi nongkrong bareng, lo ngumpulin duit semua orang trus bayar pake kartu. Lo juga seneng banget nyicil barang. Padahal harganya gak mahal dan lo punya cash. Entah kenapa. Padahal udah dikasitau, tapi ya gitu deh. Lo dengan kengeyelen tingkat tinggi lo itu.

Terakhir lo bilang pengen makan nasi padang, pengen makan anggur, pengen makan mi babah tong, pengen makan nasi campur kenanga, pengen makan gado-gado tebet. Tapi dokter blom bolehin. Sekarang lo udah bisa makan apapun yang lo mau. Mereka bilang semuanya tersedia di surga.

Selamat jalan ya Odik. You will be missed. I’m not crying anymore. Why should I? You’re in a better place now. And happily ever after in the Kingdom of God. See you there.

10 comments

  1. Huhuhu bentol…gw Sampe nangis baca ya…so sweet…Hendrik emang suka nyebelin tp ga tau knapa gw jg sayang bgt sama dia….dia emang baik,perhatian….ketemen temenya….gw Sampe skr Masih seperti mimpi….kl opik dah ga Ada…..selamat Jalan odik sayang….Kota semua sayanggg banget…

    Like

  2. Koh….masih ga percaya loe ud ga ada….walopun gw ud liat loe utk yg terakhir kali tp ttp gw blm percaya loe ud pergi utk selamanya…loe yg kl tbg ma gw sll minta di fotoin dgn berbagai macam gaya..loe yg sll naro gw diposisi L1x buat ngegossip …. buat nyelain pax….or dengerin loe misuh2 or maki2 kl loe lg sebel ma org di grup itu…pokoknya kl gw dpt tbg brg kokoh bakal rame deh..ga bosenin walopun long flight n paxnya nyebelin….bakal happy aja bawaannya….met jalan ya koh….doa gw sll buat loe yg baik hati……Amiinn

    Like

  3. kalian kompak y…
    walupun aq gag kenal sama sekali, tapi persahabatan kalian erat sekali.
    masih ada yg kaya bang odik gag y…
    tulus, pekerja keras, dan konyol nya..
    Slamat Jalan bang Odik…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s