Kartu Kredit dan Saya


Kartu Kredit dan Saya
(written: Tuesday, June 28, 2011)

Barusan dikirimin kartu kredit bank 4 huruf itu. Pas liat brosurnya, eh promo-nya banyak. Termasuk beberapa resto yang gue suka makan juga disana. Plus dikasitau kalo dapat fasilitas free annual fee seumur hidup, tanpa syarat. Seru kan?

Banyak orang yang alergi sama kartu kredit. Sehingga beberapa orang malah menganjurkan untuk menutup kartu kredit yang dimiliki, dan membiasakan diri untuk selalu menggunakan cash untuk berbagai transaksi. Padahal kan banyak manfaatnya. Banyak untungnya juga. Kenapa harus alergi, sih? Sebenarnya selama kita bijaksana menggunakannya, kartu kredit itu justru harus punya lho. Apalagi skrg udah gak musim yg namanya annual fee. Tambah untung kan?

Beberapa Bank yang mengeluarkan kartu kredit sekarang berlomba2 untuk memberikan promo sebanyak2nya. Termasuk memberikan hadiah langsung dan diskon besar untuk pembelanjaan beberapa item tertentu. Dengan demikian, kita malah bisa lebih berhemat kalau belanja. Asalkan kita tetap ingat, jangan beli barang yang kita mau, tapi beli barang yang kita butuh. Kalo soal konsep ini saja salah, sebenarnya bukan soal kartu kreditnya, bayar pake cash juga jadinya boros.

Oya, ada lagi beberapa bank yang memberlakukan system poin reward. Jadi untuk pembelanjaan sejumlah tertentu akan mendapatkan poin reward dan berlaku kelipatannya. Nantinya poin tersebut bisa ditukarkan dengan barang2 tertentu, atau digunakan sebagai diskon pembelanjaan berikutnya. Tambah untung lagi kan? Gue pernah tuker poin reward dan dipake belanja buku sampe 700ribu. Puasss rasanya :))
Trus kalo mau dapetin poin reward yang banyak artinya harus belanja banyak dong? Gak juga, sih. Pengeluaran sehari2 aja cukup kok. Pindahkan aja pembayarannya pake kartu kredit. Simple, gak ribet. Gue bayar listrik, air, telepon, ponsel, TV Cable, asuransi, investment, membership gym, semua pake kartu kredit. Lumayan lho dapat poinnya. Keuntungan lainnya, kita bisa terhindar dari keterlambatan pembayaran tagihan rutin tersebut. Kita tinggal mengingat satu tanggal saja, yaitu tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit. Tapi ya itu tadi. Harus disiplin pembayarannya. Jangan telat. Bunganya lumayan kalo telat.

Untuk belanja bulanan juga gue selalu pake kartu kredit. Kan banyak barang2 kebutuhan pribadi yang memang harus beli tiap bulan. Ya kenapa gak pake kartu kredit aja? Toh tetap harus beli kan? Kalo takut telat bayar, ya tiap abis belanja besoknya langsung bayar aja kartu kreditnya. Beres. Sama aja sama pake cash, tapi ini dapet poin.

Oya, beberapa kartu kredit memberikan fasilitas cicilan tanpa bunga hingga 6 s/d 12 bulan. Ini lumayan banget. Kan prinsipnya uang seribu hari ini nilainya lebih tinggi dibandingkan uang seribu besok. Jadi kalo bisa dicicil tanpa bunga, ya kita lebih untung dong.

Jadi, jangan alergi sama kartu kredit ya. Apalagi kalo ada tawaran yg free annual fee selamanya, ambil aja. Tapi liat2 bank-nya ya. Ada beberapa bank yg annoying. Suka nelpon nawarin macem2 yg gak penting. Kalo merasa terganggu komplain aja ke customer service-nya. Atau kalo emang terganggu banget ya tutup aja. Tentunya setelah melunasi seluruh tagihan. Eh kalo beruntung dpt kartu kredit yg platinum, kalo pas di airport sambil nunggu jadwal boarding kita bisa nongkrong di executive lounge. Free. Lumayan walaupun kualitas makanannya kelas warteg 🙂

Oya, ada tips kreatif. Kalo lagi jalan/ngumpul rame2, tawarin aja kita yang bayarin dulu pake kartu kredit. Nanti patungannya belakangan. Begitu pada bayar, langsung lunasi tagihan. Lumayan ngumpulin poin hahahaha

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s