Makanan Andalan


Makanan Andalan
(written: Wednesday, March 23, 2011)

Emangnya cuman KB doang yang Andalan, makanan juga ada yang andalan. Nih beberapa makanan andalan gue dan kenapa jadi andalan (urutan tidak menggambarkan score lho). Oya, yang andalan itu makanannya ya, tempat bisa jadi nomor sekian πŸ™‚

Mie Ayam BBT (Babah Tong), Sebelah Gereja St. Yoseph Matraman
20110329-023207.jpg

Kayanya mie-nya bikin sendiri, gede2, rasa ayamnya puket banget, harga sih relative ya. Kesukaan gue sih mie ayam bakso. Porsinya pas (ukuran gue lho). Yang suka es durian, disini juga jual. Tempatnya agak β€˜masa lalu’ tapi cukup bersih kok.

Mie Ayam ALing, Hayam Wuruk, seberang Gramedia Gajahmada
20110330-060351.jpg

Mie-nya agak kecil2, yang juara itu kuahnya. Katanya yang jual, kaldunya dibuat asli dari ayam utuh yang direbus beberapa jam sampai air sepanci berkurang jadi setengahnya. Yang biasa gue makan tuh mie ayam pangsit. Kalo mau pangsit doang pake kuah juga bisa. Sambelnya pedesnya juara. Porsinya agak banyak. Tempatnya di pinggir jalan Hayam Wuruk, buka mulai jam 8 malam sampe jam 1-an. Hari Minggu tutup. Eh di sebelahnya ada yang jual tahu bola. Enak deh.

Ketoprak Ciragil

20111027-084111.jpg

Walaupun tempatnya kecil, tapi ketopraknya enak. Biasanya sih gue kesini Sabtu/Minggu pagi. Porsinya dikit, jadi biasanya gue nambah, pesen barengan di muka.

Ayam Goreng Pemuda, Jalan Surabaya
Ini cabang Ayam Goreng Pemuda yang di Surabaya. Gorengnya ngga terlalu kering, potongannya agak kecil, tapi rasanya enak. Biasanya gue sampe 3 potong ayamnya hehehe. Nasi uduknya biasa aja. Sambelnya bisa minta sambel kacang atau sambel terasi.

Ayam Goreng Kabayan, sebelah rel kereta Matraman

20111106-183204.jpg

Tempatnya pinggir jalan, tapi rame banget. Buka jam 6an, jam 8 kadang2 udah abis. Ayamnya enak. Biasanya kita milih sendiri, baru digoreng. Nasinya disajikan di bakul, jadi bebas nambah. Jangan lupa cobain sayur asemnya ya

Seafood Kalimati, Pademangan

20111027-084409.jpg

Ini seafood pinggir jalan kecil, tapi ramenya minta ampun. Kadang sampe ngantri. Padahal harga sih gak terlalu murah juga. Tapi emang masaknya enak sih. Biasanya gue makan Ikan Saus Tiram dan Cumi goreng tepung. Oh ya, khusus kepitingnya gak enak. Kayanya dia gak jago milih kepiting.

Bebek Kaleyo, Cempaka Putih, Rawamangun, Sunter, Casablanca
Ini yang enak sih sambelnya. Eh tapi bebeknya juga empuk kok. Tapi ngantrinya bikin gak tahan kalo pas peak hour.

Pancious, Pacific Place, Plaza Indonesia, Mal Kelapa Gading

20111027-084516.jpg

Walaupun ini restoran Pancake, tapi yang gue suka justru bukan pancake-nya. Tapi Hot Tuna Spaghetti. Tunanya berasa banget, bukan sekedar basa basi doang. Jarang ngantri sih gue. Harga juga wajar. Sayang porsinya kurang kalo buat gue, enak soalnya πŸ™‚

Mie Jempol, Kelapa Gading
20110329-022726.jpg

Menu favorite gue disini mie goreng. Tapi kalo pesen pake wanti2 jangan pake udang, jangan kebanyakan kecap. Enak deh. Porsinya juga gede. Oya, kalo gue makan mie disini pasti sampe ngabisin acar timun-nya hahahaha

Abuba Steak, Cipete, Kebon Sirih, Tebet
Ini pasti udah pada tau kan? Steak dengan harga cukup terjangkau. Rasanya enak, porsinya pas. Kalo yang laen pada suka medium well, kalo gue pasti minta well done.

Lontong Sayur Bang Ali, sebelah Pasar Tebet
20110329-024434.jpg

Ini menu makan pagi kalo weekend. Rasanya enak, harganya murah, gak pake ngantri, bisa minta tambah dikit2 hihihihi

Lesehan Blok M Square, Blok M
20110329-024427.jpg

Bukanya jam 8 malam sampe jam 2 pagi. Yang jualan ada beberapa. Jenis makanannya macem2, tapi semuanya makanan rumahan yang murahan gitu. Makannya lesehan, pake meja pendek. Coba pesen minumnya teh poci pake gula batu. Trus bebas pengamen biasanya. Jadi yang ngamen cuman satu ibu2 nyinden dan 2-3 mas2 yang maen kendang sama kecapi. Enaaak deh suasananya. Eh makanannya juga enak untuk ukuran makanan rumahan.

Bakerzin, Plaza Senayan, Plaza Indonesia
Makanan favorite gue Spaghetti Salmon Olive. Dengan porsi yang agak kecil (terutama salmonnya), harganya agak lumayan mahal, sih. Tapi rasanya enak, beda karena pake olive.

Soto Daging Cak Ali Zen, Matraman
Warung soto pinggir jalan ini buka sampe malam. Rasanya enak tapi porsinya kecil. Jadi waktu pesen langsung aja dobel porsi. Oya, disini ada juga roti & pisang bakar

Fisherman Restaurant, Kelapa Gading

20111027-091647.jpg

Ini adalah restoran cina, jadi makanannya ya chinese food semua. Pilihannya banyak, rasanya enak, buka sampe jam 12 malam. Eh, harus cobain mantau gorengnya

Mie Aceh, deket tangga terminal Blok M
Yang gue inget suasananya panas, tapi mie-nya enaaak dan pedesss πŸ™‚

Sop Buntut Pak Sodik, Sunter
Sop Buntut goreng-nya enak, dagingnya tebel, porsi lumayan (tapi nasinya kudu nambah hehehe). Tapi kursinya gak enak didudukin 😦

Lapo deket Kemang Pratama Bekasi
20110329-024419.jpg
Ini salah satu Lapo juara yang pernah gue datengin. Babi panggangnya enak, saksangnya enak, sayur daun singkong tumbuknya enak. Paling enak setelah masakan nyokap deh πŸ™‚
Alamatnya gak tau, tapi kalo mau gue anterin deh πŸ™‚

Soto Betawi, Mayestik
Ini soto betawi biasa sih. Tapi buat gue rasanya enak. Beda sama soto betawi lain. Isi sotonya banyak tapi nasinya dikit hahahaha

Soto Ayam Sukabumi, Tebet
Ini sebenarnya soto ayam biasa yang bening gitu. Tapi enak banget buat gue. Tempatnya buka 24 jam tiap hari. Banyak menu lain juga, tapi yg terkenal sebenarnya bubur. Kalo abis tipsy banyak yang mampir makan disini biar sober hahahaha

RM Minang Sepakat, Matraman
Ini juga nasi padang biasa. Tapi rasanya beda. Harus dicobain sendiri biar tau apa bedanya. Buka 24 jam juga. Tempatnya pas di pojokan antara matraman dengan proklamasi

Sop Janda, Cibitung-Bekasi
Namanya rada unik, katanya sih karena yang jual janda. Ini tempatnya rada jauh. Di dekat kawasan industri Cibitung. Menu andalannya adalah sop sapi. Rasanya enak, tapi pedesnya minta ampun dah. Terkenal kemana2. Karena banyak yang gak kuat, akhirnya setahun terakhir mereka bikin menu baru yang pedasnya medium.

Restoran Mandala, Wolter Monginsidi, Jaksel

20111027-084802.jpg

Andalannya sih chinese food. Makanannya banyak pilihannya dan halal. Rasanya enak banget. Tempatnya seru. Kelemahannya cuma satu, mahal banget hahahaha

Sop Konro Karebosi, Kelapa Gading, Tebet
Konon di Makassar, sop konro (iga sapi) aslinya ya dari lapangan karebosi ini. Harus coba konro bakarnya. Bumbu kacangnya enak. Makannya pake buras, ya

Asuka Restaurant, Cibitung-Bekasi

20111027-085352.jpg

Salah satu resto Jepang paling enak. Tempatnya memang agak jauh, di tengah kawasan industri Cibitung. Kebetulan di kawasan ini banyak ekspatriat Jepang, jadi resto ini rame banget. Kalo jam makan siang harus reserve dulu. Gue paling suka Una Don, belut goreng kecap

Bakso Lapangan Ros

20111027-084912.jpg

Ini warung ramenya minta ampun, apalagi abis ujan. Harga wajar, rasa enak, tapi kuahnya sama sekali gak sehat, banyak gajih-nya πŸ™‚
Gak sehat, tapi enak, tapi gak sehat, tapi enak, tapi gak…ah sudahlah πŸ™‚

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s