Tips Memilih Gym


Tips memilih gym
(written, Sunday, March 20, 2011)

Kalo mau mulai hidup sehat, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan. Salah satunya pasti olahraga yang teratur. Nah, lifestyle yang sedang ngetrend sekarang ini adalah berolahraga di tempat gym. Berbagai alasan yang dikemukakan, dari mulai alat yang lengkap dan berkualitas, sampai gengsi yang cukup tinggi. Apapun alasannya, tentu tujuan utamanya adalah untuk bergaya hidup sehat. Di bawah ini ada beberapa tips sederhana untuk memilih tempat gym yang cocok untuk kita:

Jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan free trial yang ditawarkan oleh sejumlah gym. Pada saat free trial tersebut, kita bisa sekalian melihat-lihat kondisi gym yang kita mau. Coba semua alatnya, cek apakah semuanya berfungsi dengan baik. Lalu cek juga kondisi showernya, lockernya, apakah bersih dan layak digunakan. Tanyakan mengenai keamanan di locker, di gym-gym besar biasanya ada security yang menjaga di dalam locker. Rasakan juga suasananya, musik yang diputar, menganggu atau tidak.

Usahakan datang pada saat peak hour, biasanya pas jam pulang kantor, sekitar jam 5-7 malam. Bandingkan tingkat kepadatan gym. Apakah kita masih harus mengantri untuk menggunakan alat, jika ya, berapa lama mengantrinya. Perhatikan juga crowd membernya. Beberapa behavior member biasanya cukup mengganggu, misalnya suka bergerombol, ngobrol keras-keras, suka memonopoli alat, dll. Kalau sebagian besar member seperti itu tiap hari dan kita rasanya tidak tahan, batalkan saja rencana join gym tersebut.

Pertimbangkan jarak dari dari rumah atau kantor ke tempat gym. Biasanya kalau terlalu jauh, apalagi ada di daerah macet, sampai di gym kita bisa terlalu lelah (kecuali pakai driver). Kalau lelah, biasanya olahraga jadi tidak maksimal. Lama kelamaan jadi malas juga

Perhatikan jam buka gym. Bandingkan dengan jadwal kegiatan kita yang rutin. Kalo cuman sampe jam 8 malam padahal pulang kantor jam 7 malam, ya jadi gak maksimal ngegymnya

Pastikan anda mampu membayar harga membership-nya. Pastikan juga yang anda bayar itu harga yang pantas. Beberapa gym menawarkan system pembayaran yang ‘menggoda’. Misalnya bayar setahun dapat membership satu setengah tahun. Bayar 3 tahun dapat membership 5 tahun. Dan sebagainya. Pertimbangkan kemampuan dan tingkat kepentingan anda. Kalo saya sih mendingan bayar bulanan saja, lebih enjoy dan bisa keluar kapan saja.

Oya, jangan tergoda juga dengan embel-embel all club. Kalau memang kegiatan anda gak mobile, gak perlu juga ikut membership yang all club. Kalo anda tinggal di Bekasi dan kerja di Bekasi, gak perlu juga ikut membership yang all club.

Beberapa gym besar juga menawarkan fasilitas tambahan, misalnya sauna, steam, kolam renang, dll. Ini juga bisa jadi pertimbangan. Kalo gak suka sauna (kaya saya), dan gak bisa renang (kaya saya juga), ya gak perlu juga ngegym disitu. Kecuali (sekali lagi) harganya terjangkau 🙂

Oya, jangan tergoda fasilitas ‘tipuan’ seperti soft drink. Sofá drink itu Sangay bertentangan dengan tujuan hidup sehat. Jadi jangan jadi bahan pertimbangan ya 🙂

One comment

  1. Kalau dibolak-balik lagi urutan di atas, pertimbangan tempat buat gue jadi no. 1.
    Kenapa?
    Karena tempat gym harus deket tempat aktifitas utama, e.g. rumah atau kantor, supaya ga banyak waktu kebuang di jalan dan ga keburu latihan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s