Enjoy Your Travelling


Akhir-akhir ini di dunia maya banyak yang membahas dan berdebat tentang travelling.

Ada yang bilang jangan jadi turis, tapi jadilah traveller. Ada yang bilang backpacker itu ‘kasta’-nya lebih tinggi dalam dunia travelling. Entah kenapa. Ada yang bilang lebih baik travelling di dalam negeri saja daripada ke luar negeri. Ada yang bilang harus menjauhkan gadget agar bisa lebih menikmati travelling.

Gue gak ngerti kenapa travelling aja jadi banyak banget aturannya sekarang. Dulu kayaknya lebih simple. Asal ada duit, bisa cuti, ya berangkat. Mau backpacker atau liburan mewah, ya terserah. Mau ke Eropa atau ke Ciater gak ada masalah. Mau foto-foto, baca buku, atau leyeh-leyeh sepanjang hari ya silakan. Gak ada yang ngatur.

Buat gue, travelling itu bagian dari liburan. Bersantai. Menjauh dari rutinitas. Dan cara orang bersantai saat liburan itu beda-beda.

Gue sih kalo pas punya duit ya travelling ‘mewah’, kalo gak punya ya backpackeran. Tapi kalo backpackeran rasanya udah males sih sekarang, maklum udah berumur hahaha. Mendingan ngumpulin duitnya dulu aja ah :p

Kalo cutinya panjang (dan cukup duitnya) ya travellingnya jauh, kalo cuma bisa cuti sebentar ya yang deket-deket aja. Travelling ke luar negeri bukan berarti gak nasionalis lho. Ngaku aja deh, kalo ada kesempatan travelling ke Paris pada mau kaaaan hahaha.

Mau jadi traveller atau turis, ya suka-suka aja. Kunjungan ke tempat-tempat ‘mainstream’ atau ke tempat-tempat baru yang terpencil, menikmati makanan lokal atau tetep nyari kaefce, berbaur akrab dengan masyarakat setempat atau sekedar say halo dan tersenyum manis ke mereka, bebas-bebas aja. Gak perlu dibahas.

Trus kemanapun gue travelling poto-poto jalan terus. Emangnya dengan poto2 jadi gak menikmati liburan? Gak tuh, tetep aja asik travellingnya. Chatting? Update social media? Why not? Gak ada yang salah kan? Jangankan gadget, gue bahkan hampir tiap liburan tetep bawa laptop buat kerja kalo pas ada waktu senggang. Gak ada masalah sama sekali. Liburan tetap menyenangkan.

Inti dari tulisan panjang lebar di atas hanya satu. Enjoy your travelling time as much as you can. Asal gak melanggar aturan setempat aja. Gak bisa pulang ntar hahaha.

Oya, satu lagi. Kalo mau bawa oleh-oleh ya bawa aja. Hunting oleh-oleh is one of the most interesting parts in travelling. Kalo gak mau bawa karena repot ya gak usah. As simple as that.

Happy travelling!

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s